PANITIA PEMILIHAN KETUA RW.10  Periode Januari 2012-Desember 2015 Kelurahan Cinangka Kecamatan Sawangan Kota Depok 16516 http://ppkrw.wordpress.com

KETENTUAN DAN TATA CARA

PEMILIHAN KETUA RW. 10 PERIODE 2012 – 2015

PERUMAHAN WISMAMAS PONDOK CABE

Bab I.

Umum

Pasal :

  1. Pemilihan Ketua RW.10 Periode 2012 – 2015 (selanjutnya disebut Pemilihan Ketua RW) dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan Ketua RW, dengan dibantu oleh 2 orang perwakilan dari masing-masing RT pada saat pelaksanaan pemberian suara.
  2. Pemilihan Ketua RW dilaksanakan pada tanggal 27 November 2011, dengan sebelumnya dilakukan tahap-tahap persiapan, pengajuan calon ketua RW dan pengesahan pemilih.
  3. Panitia Pemilihan RW terdiri atas 10 (sepuluh) orang yang diusulkan oleh masing-masing RT dan ketua RW serta  diangkat oleh Ketua RW.10 periode berjalan.
  4. 2 (dua) orang perwakilan RT pada saat pelaksanaan pemberian suara, adalah bertugas sebagai saksi.
  5. Pemilihan Ketua RW dilangsung secara langsung, umum, bebas dan rahasia.

Bab II.

Pencalonan Ketua RW.

Pasal :

  1. Ketua RW.10 dicalonkan dan diusulkan oleh masing-masing RT yang berada dibawah lingkungan RW.10 perumahan Wismamas Pondok Cabe.
  2. Setiap RT masing-masing mencalonkan 1 (satu) orang calon RW, yang berasal dari warga yang berdomisili dan tercatat sebagai warga pada RT yang bersangkutan.
  3. Calon Ketua RW diusulkan secara tertulis  oleh masing-masing RT melalui Ketua RT-nya  kepada Panitia Pemilihan RW.10 sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  4. Apabila sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan, tidak ada calon yang diusulkan atau RT tidak mengusulkan calon Ketua RW, maka secara otomatis Ketua RT dari RT yang bersangkutan (RT yang tidak mengusulkan calon) dianggap sebagai calon Ketua RW.
  5. Kecuali dari calon sebagaimana dimaksud pada pasal 9 tersebut di atas, setiap calon Ketua RW menyampaikan surat pernyataan kesediaanya pada formulir yang telah ditentukan, dengan melampirkan pas photo (berwarna) ukuran 4 x 6 cm serta visi misinya kepada Panitia Pemilihan RW.10 melalui ketua RT nya.
  6. Panitia Pemilihan Ketua RW.10 akan mensyahkan calon Ketua RW.
  7. Panitia Pemilihan Ketua RW.10 akan mensosialisasikan calon-calon Ketua RW beserta visi dan misi masing-masing calon kepada seluruh warga RW.10 perumahan wismamas melalui media yang telah ditentukan oleh Panitia Pemilihan. 

Bab III.

Pemilih & Hak Suara.

Pasal :

  1. Pemilih adalah setiap keluarga; suami dan isteri; yang berdomisili dan atau bertempat tinggal di lingkungan RW.10 perumahan wismamas.
  2. Setiap keluarga; suami dan isteri;  memiliki 2 (dua) hak suara yang tidak dapat diwakilkan.
  3. Daftar Pemilih ditentukan berdasarkan data yang tercatat pada masing-masing RT di lingkungan tempat tinggal dan atau domisili Pemilih .
  4. Data Daftar Pemilih diserahkan oleh masing-masing RT kepada Panitia Pemilihan Ketua RW.10, dalam kurun waktu yang ditentukan oleh Panitia Pemilihan.
  5. Berdasarkan data Daftar Pemilih yang diperoleh dari masing-masing RT, Panitia Pemilihan Ketua RW.10 mensyahkan Daftar Pemilih dan menentukan jumlah Pemilih dan atau jumlah suara Pemilih.
  6. Panitia Pemilihan Ketua RW. 10 akan mensosialisasikan daftar Pemilih yang telah disyahkan dan jumlah suara Pemilih kepada seluruh RT dilingkungan RW.10.
  7. Pemanggilan pemilih untuk memberikan suaranya, dilakukan dengan surat pemberitahuan tertulis dari Panitia Pemilihan Ketua RW.
  8. 20.  Kertas suara akan diberikan oleh Panitia Pemilihan RW pada saat hari pelaksanaan pemberian suara di TPS pada RT masing-masing pemilih, atau dengan cara lain yang akan ditentukan oleh Ketua Panitia Pemilihan Ketua RW.     

Bab IV

Pelaksanaan Pemilihan

Pasal :

  1. Pemberian suara Pemilihan Ketua RW dilaksanakan pada tanggal 27 November 2011, dimulai dari jam 09.00 WIB dan berakhir pada jam 12.00 WIB, pada TPS-TPS yang telah ditentukan oleh Panitia Pemilihan Ketua RW di masing-masing RT.
  2. Pemberian suara tidak dapat diwakilkan.
  3. Dalam kondisi tertentu, berdasarkan pertimbangan dan keputusan Ketua Panitia Pemilihan Ketua RW, pemberian suara dapat dilaksanakan diluar tempat (TPS) dan waktu (jam) yang telah ditentukan tersebut di atas.
  4. Pemilih memberikan suaranya secara langsung dengan cara mencoblos pada tanda gambar calon yang dipilihnya pada kertas/surat suara yang telah disediakan oleh Panitia Pemilihan Ketua RW.
  5. Satu kertas/surat suara berlaku untuk satu suara.
  6. Kertas/surat suara tidak syah atau dianggap abstain apabila :
    1. Robek / rusak.
    2. Pemilih mencoblos lebih dari satu calon.
    3. Pemilih tidak mencoblos kertas suaranya.

      Bab V.

Perhitungan Suara Hasil Pemilihan

Pasal :

  1. Perhitungan suara dilakukan pada tempat dan waktu yang telah ditentukan oleh Panitia Pemilihan Ketua RW.
  2. Perhitungan suara dilakukan oleh Panitia Pemilihan RW secara langsung, terbuka dan transparan.
  3. Kertas/surat suara hasil pemilihan Ketua RW dikumpul dari setiap TPS oleh Panitia Pemilihan Ketua RW pada tempat perhitungan suara.
  4. 30.  Ketua RW. 10 periode 2012 – 2015 terpilih adalah calon Ketua RW yang memperoleh suara terbanyak.
  5. Apabila dalam perhitungan suara didapat dua atau tiga calon ketua RW memperoleh suara terbanyak sama besarnya, maka terhadap calon ketua RW tersebut akan dipilih ulang oleh masing-masing ketua RT di tambah Ketua RW periode berjalan.
  6. Setiap Ketua RT  dan Ketua RW periode berjalan masing-masing memiliki satu hak suara.
  7. Pemberian suara oleh masing-masing Ketua RT dan Ketua RW dilakukan secara tertutup pada kertas/surat suara yang telah disediakan oleh Panitia Pemilihan Ketua RW, secara langsung dengan cara mencoblos pada tanda gambar calon ketua RW (yang dipilih ulang), di tempat perhitungan suara, sesaat setelah perhitungan suara putaran pertama selesai dilakukan.

 Bab VI.

Tambahan

Pasal :

  1. Untuk ketertiban dan independensi pelaksanaan pemilihan ketua RW, Panitia Pemilihan Ketua RW tidak mempunyai hak untuk dicalonkan atau dipilih sebagai Ketua RW.10, namun hanya mempunyai hak (suara) untuk memilih.
  2. Keputusan Panitia Pemilihan Ketua RW tidak dapat diganggu gugat.
  3. Hal-hal yang belum diatur dalam ketentuan dan tata cara ini akan ditentukan kemudian berdasarkan keputusan Panitia Pemilihan Ketua RW.

DITETAPKAN DALAM RAPAT PANITIA PEMILIHAN RW. 10

PADA TANGGAL  : 08 Oktober  2001

PANITIA PEMILIHAN RW :

  1. Budi Kusnadi       (Ketua)
  2. Wynd Rizaldy      (Sekretaris)
  3. Dwi Susantyo       (Bendahara)
  4. Rahim Noor         (Logistics)
  5. Husni Rusad        (Legalitas)
  6. Kito Cahyono       (Keamanan)
  7. Heddy Wirawan  (Anggota)
  8. Suhartono             (Anggota)
  9. M. Sulaiman         (Anggota)
  10. Aji Santoso           (Anggota)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s